Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal untuk Sang Buah Hati

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal untuk Sang Buah Hati

Bayi baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk di atas tempat tidur. Untuk itu penting bagi Anda memilih tempat tidur yang aman dan nyaman untuk sang buah hati. Jangan hanya sibuk berburu promo tempat tidur bayi saja. Ini dia beberapa kriteria tempat tidur bayi yang ideal.

Tempat Tidur Bayi Harus Kokoh

Pastikan untuk selalu memilih tempat tidur bayi yang kokoh. Baik itu terbuat dari kayu atau plastik. Jangan sampai ada bagian yang rusak atau cacat. Anda juga bisa memilih tempat tidur bayi yang bilahnya dapat dinaik-turunkan, namun pastikan periksa dengan teliti. Sebab jika ada bagian yang cacat atau kuncinya tidak rapat akan berpotensi membahayakan si kecil.

Bagi Anda yang hendak memilih tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan tirai, pastikan tirainya tidak mudah jatuh dan memiliki rongga bagi si kecil agar tetap bisa bernapas lega. Tentu Anda tak ingin bukan si kecil cedera hanya karena salah memilih tempat tidur bayi.

Perhatikan Bahan Tempat Tidur Bayi

Paku, sekrup, baut, dan material tempat tidur juga merupakan poin yang perlu diperhatikan. Meski terkesan remeh, namun alat-alat kecil semacam ini justru memiliki fungsi yang cukup penting untuk mendukung tempat tidur bayi agar tetap kokoh.

Selain itu periksa juga bagian lapisan tempat tidur, apakah sudah benar-benar kering dan tidak mengelupas. Sebab jika Anda bagian yang cacat pada cat berisiko membuat si kecil mengalami reaksi alergi. Selain itu ada baiknya melakukan riset kembali mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan tempat tidur bayi guna mendukung keselamatan si kecil.

Jarak Antara Bilah atau Pagar Tidak Membuat Bayi Terjepit

Jarak antara bilah atau pagar tempat tidur bayi juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan.  Terlebih lagi tempat tidur bayi berbahan kayu, jenis tempat tidur ini umumnya memiliki bilah atau pagar. Meski secara keseluruhan tempat tidur ini memiliki desain yang bagus, namun tetap memiliki risiko yang akan membuat si kecil terjepit.

Jarak setiap bilah sebaiknya berukuran 6 cm. Hal ini bertujuan agar tangan atau kepala si kecil tidak terjepit. Sebab bayi belum tahu tentang bahaya meski Anda sudah mengawasinya dengan ketat. Bisa saja kemungkinan sewaktu-waktu si kecil terluka saat berada di tempat tidurnya sendiri.

Matras yang Digunakan Harus Matras Khusus Bayi

Tempat tidur bayi umumnya belum dilengkapi dengan matras. Jadi Anda perlu membeli matras sendiri. Pastikan untuk selalu memilih matras yang didesain khusus untuk bayi. Pasalnya matras bayi umumnya cenderung lebih keras untuk mencegah bayi mengalami sindrom kematian mendadak.

Nah itu dia beberapa kriteria tempat tidur bayi yang ideal. Jadi jangan sembarangan saat memilihnya ya. Usahakan untuk selalu memilih tempat tidur bayi yang ideal. Anda juga bisa mendapatkan beragam jenis tempat tidur bayi di toko perlengkapan bayi orami.co.id. Ada banyak sekali penawaran diskon dan promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

shares