Kenali 5 Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

Kenali 5 Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

Pengertian anak yang sehat sama dengan pengertian sehat  pada umumnya yaitu kondisi normal seseorang baik secara jasmani dan rohaninya. Namun ciri kesehatan anak perlu lebih diperhatikan karena tak semua anak akan mengungkapkan apa yang dirasakannya. Berikut ini ciri-ciri anak sehat secara fisik dan psikis yang perlu Anda kenali pada diri anak!

  1. Pertumbuhan Badan Proporsional

Proporsional dalam hal ini tidak selalu memiliki arti berat tubuh dan tinggi tubuh yang sangat ideal. Ada kalanya jika anak terlihat pendek dari usia sepantarannya namun oleh tenaga medis dikatakan sehat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, dimana ia diturunkan dari keluarga yang mayoritas memiliki tinggi badan yang rendah.

Begitu juga dengan berat badan yang menyesuaikan tinggi badan usianya. Anak dikatakan sehat apabila berat badan dan tinggi badan naik secara teratur. Tidak mengalami kenaikan atau penurunan yang drastis. Anda bisa mengecek pertumbuhan anak secara berkala di posyandu, puskesmas, atau bahkan dokter spesialis anak.

  1. Fisik Tampak Segar

Anak yang sehat akan menunjukkan pergerakan yang aktif dan gembira dalam kesehariannya. Gesit saat bermain dan terlihat  tidak memiliki rasa lelah saat bermain. Selain itu juga ditunjukkan oleh ciri fisik yang nampak. Lensa mata terlihat bening serta bersinar. Bibir dan lidahnya tampak merah muda segar atau  tidak terlihat  berwarna pucat.

Selain itu permukaan kulit dan rambut  yang lembut, bersih dan tidak kering. Warna rambut terlihat hitam, tidak kemerahan dan kering. Tidak harus bervolume, namun lebat dan kuat. Fisik yang segar ini akan mengeluarkan pernapasan yang segar. Tak hanya penampakan secara fisik, anak juga lahap dan banyak saat makan atau dikatakan memiliki nafsu makan yang teratur.

  1. Tingkat Perkembangan Sesuai dengan Umur

Pertumbuhan selalu dibarengi  dengan perkembangan, begitu juga yang terjadi pada tumbuh kembang anak. Anak dikatakan berkembang dengan normal jika sesuai dengan perkembangannya. Sebagai contoh anak dengan usia 1,8 hingga 2 tahun minimal dapat berbicara atau lancar berjalan. Jika belum keduanya, maka perlu adanya konsultasi pada dokter.

  1. Psikis Berkembang Sesuai Usianya

Anak sehat dapat dilihat dari perkembangan fisiknya yang tidak terlalu tua atau muda dari umurnya. Anak akan belajar untuk bergaul bersama teman sebayanya, sehingga akan memberikan rasa peka terhadap sekitar. Pengetahuan bertambah, maka skemata baru akan terbentuk dan anak menjadi semakin cerdas setiap harinya serta mudah dalam bersosialisasi.

  1. Mudah Berbaur

Anak sehat biasanya akan mudah  berbaur saat bertemu teman baru. Ia akan cerdas dalam mengajak teman barunya untuk bermain dan membuat suasana menjadi asik saat bermain. Lancar saat berbicara sehingga teman bermainnya merasa nyaman. Ia juga akan responsif saat diajak berbicara, selalu ceria dan lebih peka terhadap sesuatu di sekitarnya.

Cara agar anak tumbuh sehat secara psikis, dapat dilatih dengan mengajaknya bermain permainan yang edukatif seperti balok susun, plastisin dan puzzle. Lebih sering mengajak komunikasi agar anak lancar dalam berbicara. Jauhkan dari ponsel saat sedang bermain atau berkomunikasi untuk melatih rasa empati anak serta membacakannya cerita atau dongeng.

Itulah beberapa ciri anak sehat secara fisik dan psikis yang perlu dikenali orangtua baik dari ibu atau ayah. Peran ayah dalam mendidik anak tak kalah penting, karena secara tidak sengaja akan mengajarkan rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah dilakukannya. Selalu fokus pada anak jika sedang bermain atau melatihnya. Dampingi anak saat belajar di luar sekolah.

shares