Cara Mudah Merawat Aki Mobil Honda Brio

Cara Mudah Merawat Aki Mobil Honda Brio

Honda brio adalah salah satu mobil paling laris beberapa tahun belakangan ini, bentuknya yang mungil kemudian desain elegan ditambah harga tidak begitu mahal menjadikan brio banyak sekali di incar oleh kalangan anak muda.

Honda brio sendiri dari sisi jenis bisa dikatakan mobil keluarga yang sangat minimalis, bagi kalian yang pengantin baru dan memiliki anak 1 atau 2 dan lebih suka tampilan minimalis maka bisa menggunakan brio.

Dari sisi tampilan memang di akui brio lebih menarik dari mobil keluarga lainya katakanlah avanza, kemudian xenia misalkan. Selain itu juga sebelum kalian membeli honda brio ini alangkah baiknya kalian mengetahui standar perawatanya mulai dari komponen terpenting yakni bagian aki mobil.

Aki mobil sendiri kunci dari nyawa sebuah mobil, aki menjadi sumber utama yang akan menghasilkan energi dalam sistem kelistrikan sebuah mobil, dan masalah aki pada semua mobil tentu tidak sama.

Kami akan mencoba berbagi khusus dalam artikel ini mengenai tips perawatan aki pada honda brio, yuk disimak lebih jauh.

Selain aki, ada komponen lain yang bisa kalian selalu awasi juga seperti kondisi oli, kapan kalian harus ke bengkel ganti oli sesuaikan dengan pedometer atau waktu bisa kalian jadikan patokan.

Sebelumnya kalian tentu sudah paham jika aki fungsinya bagaimana, kemudian letaknya sebelah mana. Kalau di honda brio hampir sama sebenarnya dengan mobil lain, letaka aki sangat mudah kalian temukan buka saja kap mobil kalian biasanya letaknya pada bagian atas sebelah kanan.

Cara merawat aki mobil Honda Brio

Yang pertama yang harus anda pahami khusunya bagi kalian yang membeli honda brio bekas adalah usia penggunaan aki. Masa guna akin sendiri akan wajib ada pada bagian luar aki, dimana ini bisa kalian lihat kapan waktu berlakunya biasanya kisaran 3 tahun sudah bisa kalian ganti baru.

Kemudian kalian juga harus memastikan cairan aki berada pada batas normal, di dalam kotak aki juga sudah tertera semuanya bisa kalian priksa dengan teliti jangan sampai lengah karena kalau aki sudah bermasalah akan berpengaruh pada komponen lain misalkan melemehakan kinerja oli, sehingga kamu akan sering ganti oli mesin pada waktu yang lebih cepat.

Kemudian pemeriksaan lanjutan kalian bisa cek pada bagian terminal pada aki mobil kalian, perhatikan waranya jika sudah terlihat mulai mengelamai korosi maka saatnya kalian lakukan pengecekan di bengkel terdekat sembari mengecek kondisi oli transmisi misalkan karena ganti oli sendiri lebih dekat masa perawatanya daripada aki.

Selanjutnya jangan lupa sesekali bukalah kap mobil kalian, lihat permukaan kotak aki ini, apakah ada kotoran yang menempel akibat dari proses pembakaran pada bagian dalam mesin.

Jika ada siapkan alat alat khusus untuk membersihkanya misalkan kalian bisa menggunakan baking soda dicampur dengan air hangat. Dalam proses pembersihan ini jangan sampai kalian menyalakan mesin kecuali tidak ahli dalam bidangnya.

Masalah pada terminal aki

Kebanyakan honda brio keluaran lama dan terbaru akan mengalami masalah pada bagian ini. Terminal aki kerap kali mengalami korosi, yang akan bedampak pada kinerja mesin mobil menjadi lemah dan akhirnya mati secara dadakan.

Kalian bisa perhatikan indikasi yang sederhana pada masalah ini, ketika kalian menyalakan mobil kadang susah hidup, kalaupun menyala tidak lama kemudian mati lagi.

Masa pemakaian aki yang sudah berakhir

Khususnya bagi yang membeli brio bekas, jangan lupa tanyakan kapan pemilik awalnya mengganti aki, jika tidak mau ribet anda bisa cek sendiri waktu kapan berakhirnya masa guna aki ini yang tertera pada bagian body atas aki mobil anda.

Segera cek kondisi aki lebih dini, jika anda bingung maka saya sarankan bawa ke bengkel. Pada banyak kasus, mobil mati juga karena aki masih normal namun jarang digunakan atau dipanaskan.

Maka dari itu, kami sarankan anda panaskan mobil minimal 5 menit 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kualitas aki tetap bekerja dengan baik. Jika matinya aki disebabkan faktor ini, maka solusinya mudah sekali anda tinggal cas ulang saja.

shares