7 Penyebab Aki Mobil Tekor Berikut Ini Patut Diwaspadai!

7 Penyebab Aki Mobil Tekor Berikut Ini Patut Diwaspadai!

Mobil membutuhkan aki terlebih untuk menyalurkan energi listrik agar mesin mobil dapat dihidupkan, sehingga ketika aki tekor atau soak mobil pun tidak bisa di-starter. Komponen kelistrikan mobil lainnya pun membutuhkan aki sebagai suplai utama, karenanya aki mobil juga berpengaruh bagi kenyamanan berkendara.

Mungkin saja Anda pernah mengalami mesin mobil yang tidak bisa dihidupkan secara tiba-tiba, dugaan awal Anda pasti karena aki mobil yang tekor atau sudah soak. Lantas apa sebenarnya penyebab aki tekor pada mobil? Cari tahu dalam artikel di bawah ini!

  1. Air Aki Habis

Aki mobil tipe basah memiliki kelebihan yaitu dapat diisi ulang, sehingga umur pakainya pun lebih lama serta perawatannya terbilang lebih mudah. Namun seringkali pemilik mobil kelupaan melakukan pengecekan air aki, sehingga air aki benar-benar dalam kondisi kosong. Hal ini tentu berdampak pada kinerja aki yang tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Anda dapat melakukan pengecekan kondisi air aki dengan memperhatikan batas atas dan bawah. Apabila cairan mendekati batas bawah, itu berarti Anda harus segera menambah air aki.

  1. Terlalu Lama Berada di Garasi

Salah satu penyebab aki mobil tekor adalah karena mobil terlalu lama berada di garasi atau jarang terpakai. Jika mobil jarang digunakan maka berdampak pada kesehatan aki yang semakin menurun, karena aki tidak mendapatkan suplai kelistrikan yang cukup.

Karena itulah setidaknya Anda dapat bepergian menggunakan mobil beberapa hari sekali agar asupan listrik bagi aki selalu optimal. Jika memang mobil benar-benar tidak digunakan, terminal aki dapat Anda lepas terlebih dahulu.

  1. Alternator Rusak

Alternator rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab aki tekor. Alternator atau yang kerap disebut dengan dynamo ampere merupakan komponen yang berfungsi sebagai generator yang dapat menghasilkan arus listrik Alternating Current atau AC yang diubah menjadi arus Direct Current atau DC.

Apabila komponen ini rusak, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi tidak stabil. Karena itulah jika alternator tidak segera diperbaiki atau diganti, bukan tak mungkin akan berdampak pada kesehatan aki.

  1. Penggunaan Mobil yang Terlalu Sering

Intensitas penggunaan mobil yang terlalu sering rupanya juga dapat berdampak pada tekornya aki mobil. Hal ini dapat terjadi karena mobil yang kerap digunakan terus menerus akan menyedot daya listrik besar, aki pun bekerja lebih ekstra sehingga secara tak langsung dapat memengaruhi umur pakainya.

  1. Modifikasi Mobil Berlebihan

Tak jarang para pemilik mobil yang senang melakukan modifikasi pada kendaraannya, dan hal ini sah-sah saja jika dilakukan dalam batas wajar. Namun apabila pemilik mobil melakukan modifikasi berlebihan terutama pada bagian audio, dapat berdampak pada beban aki yang kian bertambah besar.

Karena sistem audio membutuhkan daya listrik yang terbilang besar, Anda pun tak boleh asal dalam memasang dan harus menyesuaikan dengan kapasitas aki mobil Anda.

  1. Air Aki Keruh

Penyebab lain aki mobil tekor adalah karena air aki yang bermasalah. Jika Anda menemukan air aki dalam kondisi keruh, itu tandanya air aki telah terkontaminasi dengan kotoran yang telah menumpuk sekian lama. Tak hanya warna air aki saja yang terlihat keruh, sel-sel bagian dalamnya pun terlihat bengkok dan berwarna keputihan.

  1. Penggunaan Lampu HID

Tak hanya sistem audio mobil saja yang menyedot daya listrik besar, penggunaan lampu mobil yang tidak sesuai standar juga dapat menjadi salah satu faktor aki tekor.

Karena itulah sebelum Anda memodifikasi mobil dengan menambahkan lampu HID atau lampu projector, perhatikan berapa daya listrik yang dibutuhkan lampu tersebut. Sehingga Anda pun dapat mengganti aki dengan ampere yang lebih besar.

Berapa Usia Normal Aki Mobil?

Tak berbeda dengan komponen lainnya, aki pun memiliki usia pakai. Lantas berapa usia pakai rata-rata dari aki mobil? Umur aki basah ataupun kering berkisar antara satu hingga dua tahun, namun umur pakai tersebut merupakan umur pakai rata-rata jika pemakaian dan kondisi mobil normal.

Untuk harga aki mobil sendiri berada pada kisaran 600 ribu hingga jutaan rupiah bergantung pada kapasitas serta merek. Karena harga aki mobil yang tak murah itulah, para pemilik mobil diharapkan untuk dapat merawat aki dengan sebaik mungkin.

Itulah informasi mengenai penyebab aki mobil tekor yang wajib diketahui setiap pemilik kendaraan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

shares