5 Cara Mengatasi Bayi Sungsang demi Kelancaran Persalinan

5 Cara Mengatasi Bayi Sungsang demi Kelancaran Persalinan

Sudah siapkah Anda menghadapi persalinan? Kelancaran persalinan adalah harapan setiap calon orang tua. Jadi, tugasnya adalah memastikan kondisi ibu dan janin tetap sehat sampai persalinan. Akan tetapi, tidak jarang ada kondisi tertentu. Salah satunya adalah bayi sungsang. Melalui cara mengatasi bayi sungsang ini, Anda bisa segera menanganinya agar bayi segera pindah posisi.

  1. Mendengarkan Musik

Kasus bayi sungsang memang menjadi kewaspadaan tersendiri bagi ibu hamil. Untuk menghadapi situasi ini, terdapat cara khusus yang aman untuk mengubah posisi bayi. Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang bersahabat.

Anda bisa memutar musik dan meletakkannya dekat dengan bagian bawah rahim atau jalan kelahiran. Nantinya, bayi akan peka terhadap suara musik sebagai rangsangan untuk mengubah posisinya. Ia bisa berganti posisi dengan mendekatkan telinganya ke sumber musik yang dekat dengan jalan lahir. Secara otomatis, kepalanya bisa berada di bawah.

  1. Memperbanyak Jalan Kaki

Setiap ibu hamil yang sudah mendekati persalinan dianjurkan untuk memperbanyak jalan kaki. Aktivitas ini sangat penting untuk membantu mengubah posisi bayi sungsang agar kepalanya berada di bawah atau di dekat jalan lahir. Anda bisa berjalan rutin selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

  1. Melakukan Olahraga Tertentu

Mengatasi kondisi bayi sungsang memang tidak boleh sembarangan. Dalam tindakan olahraga pun, Anda harus mendapatkan persetujuan dokter dan pemantauan secara berkala terhadap hasil dari olahraga tersebut.

Olahraga tertentu yang dapat membantu perubahan posisi bayi yang semula sungsang adalah renang dan senam khusus. Posisi janin di dalam kandungan akan terstimulasi kembali ke posisi yang seharusnya.

  1. Melakukan Posisi Breech Tilt

Pernahkah Anda mengetahui posisi breech tilt? Posisi ini sangat diperlukan karena membantu mengubah posisi bayi sungsang. Para ibu hamil dianjurkan rutin melakukan posisi ini agar mengoptimalkan kemungkinan bayi berubah posisi seperti seharusnya.

Cara melakukannya adalah berbaring dengan sedikit mengangkat pinggul. Letakkan bantal tepat di bawah pinggul, kemudian tekuk lutut. Lakukan posisi ini sebanyak 2 kali sehari kurang lebih selama 10-15 menit, terutama saat bayi aktif agar efektif dalam usaha mengubah posisi bayi.

  1. Melakukan Gerakan Lutut Dada

Cara berikutnya yang perlu dilakukan untuk mengubah posisi bayi yang sungsang adalah melakukan beberapa gerakan lutut dada atau seperti posisi sujud. Anda bisa mencoba gerakan lutut dada. Caranya adalah dengan cara berlutut di lantai seperti gerakan sujud. Tepatnya, kepala dan bahu menempel di lantai, sementara pantat dan panggul di atas.

Agar tidak pengap dan menekan bayi, jangan biarkan paha menempel ke dada. Lakukan gerakan ini setiap hari kurang lebih selama 15-20 menit. Posisi ini sangat efektif membantu perubahan posisi bayi.

Itulah berbagai cara mengatasi bayi sungsang yang dianjurkan dan terbukti aman dilakukan. Agar lebih yakin, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menangani. Untuk melakukan berbagai tindakan di atas, terus jagalah kesehatan tubuh agar stamina tetap kuat dan stabil sampai persalinan nanti.

shares